Senin, 30 November 2009

Upacara obor-oboran


Upacara obor-oboran merupakan salah satu upacara tradisional yang dimiliki oleh masyarakat kabupaten jepara yang ada di desa tegalsambi kecamatan tahunan. obor pada acara ini adalah gulunga 2 atau3 helai pelepah kelapa yang kering dan bagian dalamnya diisi dengan daun pisang kering.
Obor yang telah tersedia dinyalakan bersama untuk dimain kan atau digunakan sebagi alat untuk saling menyerang sehingga sering terjadi benturan-benturan obor yang dapat mengakibatkan pijaran-pijaran api yang besar yang akhirnya masyarakat menyebutnya dengan istilah" Perang obor".
upacara perang obor yang diadakan setiap tahun sekali yang jatuh pada hari senin pahing malam selasa pon di bulan besar (dzullijah) di ada kan atas dasar kepercayaan masyarakat desa tegalsambi terhadap peristiwa atau kejadian masa lampau yang terjadi didesa tersebut,dan bahwa adanya perang obor segala jenis penyakit akansembuh.
tradisiperang obor di gunakan untuk sarana sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada tuhan YME atas limpahan rahmat,hidayah, serta taufiknya kepada warga tegalsambi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar